Kamis, 05 Agustus 2010

SISWA IPDN BANTU TUGAS CAMAT DI ROHIL

Oleh Fazar Muhardi

       Rokan Hilir, 4/8 (Fazar-News) - Praktek pengenalan lapangan (PPL) siswa praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sangat banyak membantu petugas kecamatan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.
   
"Selain itu, dalam penerapan ilmu administrasi, pemerintahan, pemetaan kependudukan, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur dilakukan mereka secara baik," kata Camat Simpang Kanan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Wakid Nugraha, yang dihubungi Fazar-News dari Dumai, Rabu, menaggapi PPL siswa Prja IPDN diwilayahnya.
   
Ia mengakui, keberadaan para siswa praja IPDN selama PPL dikecamatan khususnya di Kecamatan Simpang Kanan sangat membantunya. Ilmu yang mereka dapat disekolah diterapkan secara baik saat bertugas di kecamatan.
   
Menurut dia, banyak manfaat yang diperoleh dari hasil PPL siswa praja tersebut, seperti diketahui data anak-anak yang bersekolah hanya sekitar 80 persen hingga ke jenjang sekolah menengah, kemudian tertatanya bidang administrasi kecamatan hanya sistem peletakannya dan kearsipan yang belum tertata dengan baik.
   
"Kalau selama ini tidak ada pengelompokan yang dibuat pertahunnya maka sekarang sudah tertata dengan baik, saat melakukan PPL siswa IPDN kita ajak keliling kecamatan, mereka juga memberi masukan bagi masyarakat," kataya.
   
Ditambahkannya, pada dasarnya keberadaan mahasiswa IPDN ini sangat membantu pihak kecamatan, dalam prakteknya mereka banyak memberi masukan serta pelajaran terutama segi disiplin dan tata kerja ilmu pemerintahan disamping ilmu lainnya.
   
"Saya berharap kedepan mereka dapat kembali untuk kegiatan yang sama, sebab manfaatnya sangat dirasakan, dimana kerja petugas kecamatan sangat terbantu dengan kehadiran para praja ini," ucapnya mengakhiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar