Kamis, 05 Agustus 2010

DISPERINDAG DUMAI BENTUK TIM PENGAWASAN KEPOKMAS


          Dumai, 5/8 (Fazar-News) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai, Riau, Kamis, membentuk Tim Koordinasi Pemantauan dan Pengawasan Pedistribusian Bahan Kebutuhan Pokok Masyarakat, dalam rangka mengantisipasi permintaan dan harga bahan pokok memasuki puasa dan lebaran.

         "Terbentuknya tim Kepokmas ini sesuai dengan surat edaran Dirjen Perdagangan Dalam Negeri No:17/PDN/SD/6/2010 tertanggal 20 juni 2010," kata Kadisperidag Kota Dumai Djamalus di Dumai, Kamis.

         Ia menjelaskan, pembentukan tim ini perlu mengingat dimensi permintaan masyarakat akan kebutuhan pokok, dalam rangka menghadapi hari besar keagamaan khususnya bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri semakin meningkat.

         "Terutama komoditi beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, telur dan lain sebagainya," paparnya.

         Ia menjelaskan, tim tersebut nantinya akan melakukan pengawasan secara langsung dan mengantisipasi terhadap kemungkinan terjadinya gejolak harga yang dapat meresahkan masyarakat.

         "Tim juga akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, kepolisian dan asosiasi atau pelaku usaha yang ada di Kota Dumai sebagai upaya kelancaran pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan pengendalian harga," tuturnya.

         Ia juga mengatakan, kedepan timnya juga berencana membentuk posko Kepokmas yang difungsikan sebagai sumber informasi layanan masyarakat dan memprogramkan pasar murah secara sinergi dengan para pelaku usaha.

         "Jika nanti ditemukan adanya indikasi penimbunan bahan kebutuhan pokok yang dilakukan oleh pengusaha, maka kita tidak segan-segan melakukan upaya tindakan hukum yang berlaku," kata Djamalus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar