Kamis, 05 Agustus 2010

POLISI DUMAI RAZIA MAKANAN KADALUWARSA

         Dumai, 5/8 (Fazar-News) - Polresta Dumai, Riau, Rabu (4/8), melakukan razia terhadap makanan dan minuman kadaluwarsa di sejumlah toko swalayan dan pasar-pasar tradisional.

        "Razia ini digencarkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan," kata Kapolres Dumai AKBP Hersadwi Rusdiono, kepada Fazar-News di Dumai, Kamis.

        Namun, dalam operasi ini petugas belum menemukan makanan dan minuman kadaluwarsa yang masih diperjualbelikan.

        "Operasi ini baru digelar satu hari, dan saat ini kita belum menemukan makanan dan minuman yang kita maksud. Rencananya, razia ini akan terus dilakukan dalam dua pekan ke depan," kata Kapolres.

        Pada kesempatan terpisah, Kepala Bagian Operasional Kompol Imran Ami, mengatakan, dalam operasi itu pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait lainnya, meliputi Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Kesehatan Kota Dumai.

        Dia berjanji akan giat melakukan pengawasan makanan dan minuman yang diduga kadaluwarsa karena dapat meresahkan konsumen.

        Hal ini menurut dia penting agar bahan pangan kebutuhan masyarakat yang sudah lewat masa pakainya tidak lagi diperjualbelikan hingga dikonsumsi.

        "Kalau kita menemukan barang kebutuhan seperti makanan dan minuman yang kadaluwarsa, kita akan langsung sita dan meminta penjualnya agar menarik produk tersebut dari pasaran," ucap Imran.

        "Produk makanan atau minuman kadaluwarsa, rentan dengan bahaya keracunan, bagi orang yang mengonsumsinya, terutama mereka yang sedang menjalani ibadah puasa. Hal itu disebabkan stamina mereka lebih lemah dibandingkan dengan mereka yang tidak puasa," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr Desio Isanov.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar