Kamis, 05 Agustus 2010

HARGA SAWIT DI ROKAN HILIR STABIL

Oleh Fazar Muhardi

           Rokan Hilir, 4/8 (Fazar-News) - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau hingga Rabu pekan ini masih stabil dengan harga berkisar Rp1.300/kilogramnya, meski sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) mengalami kenaikan.

         Kendati demikian, sejumlah warga di Kecamatan Bagan Batu, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, yang ditemui Fazar-News, Rabu, mengaku resah terhadap harga kelapa sawit yang dinilai belum stabil.

        "Rasa khawatir dengan harga sawit yang naik turun masih 'menghantui' kami. Apalagi menjelang bulan puasa, karena tahun lalu, seminggu menjelang puasa harga sawit sempat anjlok," ujar seorang warga petani sawit di Bagan Batu, Siahaan (40).

         Menurut dia, terkadang harga sawit di pabrik kelapa sawit selalu tidak tetap sehingga terkesan ada permainan.

         Hal itu menurut Siahaan kerap terjadi di saat buah sawit melimpah ruah.

         "Pengalaman tahun lalu seperti itu, menjelang puasa dan Lebaran harga sawit pasti rendah," katanya.

         Siahaan berharap pemerintah melalui dinas terkait, bisa mengontrol harga sawit di pasaran, baik nasional maupun internasional, sehingga masyarakat tidak dirugikan oleh para pengusaha nakal.

         Pernyataan senada juga dikatakan, Sukarman (40), seorang petani sawit di Bagan Batu lainnya yang beranggapan jika setiap menjelang puasa harga sawit selalu turun naik.

         Bahkan menjelang Lebaran harga sawit biasanya anjlok dengan harga yang sangat rendah, katanya.

         Ia meminta agar pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan hendaknya melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap pabrik kelapa swait yang membandrol harga TBS semaunya tanpa memikirkan nasib petani seperti dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar