Kamis, 05 Agustus 2010

DINAS PU DUMAI KEWALAHAN ATASI BANJIR


         Dumai, 5/8 (Fazar-News) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Dumai, Riau, mengaku kewalahan dalam mengatasi banjir yang kerap melanda kota itu.

        Kepala Bagian Bidang Cipta Karya Dinas PU Kota Dumai, Wan Ramli, kepada Fazar-News di Dumai, Kamis, mengatakan, banjir sulit diatasi akibat curah hujan yang tinggi dan kondisi drainase yang tidak memadai.

        "Untuk mengatasi banjir ini diperlukan waktu lama dan pendanaan yang mencukupi serta pengetahuan yang memadai," kata Wan Ramli.

        Menerut dia, untuk menghindari banjir, salah satu yang harus dilakukan adalah melakukan rencana tata drainase dan menjaga saluran air.  

   "Mengatasi banjir di kota ini tidaklah gampang karena masalahnya tempat penampungan air kita dari dulu sampai sekarang tetap saja tidak mampu menampung debit air ketika hujan dan air laut pasang. Sehingga mengakibatkan pemukiman warga dan jalanan menjadi banjir. Diperlukan perencanaan ulang yang matang dalam waktu yang lama serta dukungan pendanaan untuk mencegah persoalan klasik ini," kata Wan Ramli.
        Dikatakannya, solusi lain yang tidak kalah pentingnya untuk mengatasi persoalan banjir ini ialah dengan memperhatikan sumur resapan bagi setiap bangunan yang ada di Dumai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar